Bekerja dari rumah bisa menjadi sebuah impian. Tanpa perjalanan pagi dan sore, kamu menghemat waktu, uang, dan frustrasi. Mungkin itu memungkinkan kamu untuk melakukan olahraga di pagi hari yang membuat kamu merasa sangat bersemangat saat kamu duduk di depan komputer untuk mencerna email dan pekerjaan sehari-hari di depanmu, atau mungkin memungkinkan kamu untuk menghabiskan waktu ekstra dengan anak-anak atau untuk mengejar minat luar.

7 Tips dan Trik untuk Bekerja di Rumah Secara EfektifSumber: https://www.clicktime.com/blog/top-10-advantages-disadvantages-working-from-home/

Tetapi keuntungan-keuntungan yang sama itu juga bisa menjadi hambatan: bisa lebih sulit untuk mengelola dan memprioritaskan tugas ketika batas antara pekerjaan dan rumah kabur. Ada banyak gangguan di rumah yang kamu temui dan harus kamu atasi.

Apakah kamu sedang berjuang untuk bekerja di rumah atau mempertimbangkan untuk beralih ke gaya hidup yang fleksibel ini, berikut adalah 7 tips yang dirangkum dari beberapa situs yang memberikan resep sukses bekerja dari rumah secara efektif:

  1. Hilangkan Gangguan Sebanyak Mungkin

Hilangkan Gangguan Sebanyak MungkinSumber: https://www.impactbnd.com/blog/6-concentration-tips-to-help-you-banish-distractions-get-back-to-work

Terkadang ruang kerjamu berfungsi ganda sebagai gym atau ruang tempat melakukan hobi lain. Hal tersebut membuat dirimu mudah untuk teralihkan memikirkan tentang apakah kamu sudah olahraga cukup hari ini, atau hal apa yang ingin kamu lakukan hari ini. Hentikan! Lakukan apa pun yang kamu butuhkan agar gangguan tidak terlihat dan tidak terpikirkan.

  1. Mulai lebih awal

Mulai lebih awalSumber: https://careerthoughts.com/jobs-that-start-early/

Saat bekerja di kantor, perjalanan pagi dapat membantu kamu bangun dan merasa siap untuk bekerja saat kamu sampai di meja kerja. Namun di rumah, peralihan dari bantal ke komputer bisa menjadi jauh lebih tidak menyenangkan.

Percaya atau tidak, salah satu cara untuk bekerja dari rumah secara produktif adalah dengan mulai mempelajari “to-do list” yang kamu miliki segera setelah kamu bangun. Hanya dengan memulai pekerjaan, hal pertama di pagi hari bisa menjadi kunci untuk membuat kemajuan secara bertahap sepanjang hari. Jika tidak, kamu akan memperpanjang sarapan dan membiarkan kelesuan pagi hari menghilangkan motivasimu.

  1. Pertahankan jadwal rutin

Pertahankan jadwal rutinSumber: https://www.300hours.com/articles/how-to-find-your-inner-peace-sleep-better-now

Tanpa ada pengawasan, bahkan orang yang paling teliti pun dapat mengendur etos kerjanya. Menetapkan jadwal tidak hanya menyediakan struktur untuk hari itu, tetapi juga membantu kamu tetap termotivasi. Mulailah hari seperti yang biasa kamu lakukan jika kamu bekerja di kantor: Bangun lebih awal, berpakaian, dan mencoba untuk menghindari gangguan online begitu kamu duduk untuk bekerja. Apakah kamu baru saja mulai bekerja di rumah atau sudah melakukannya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, luangkan beberapa minggu untuk menentukan ritme terbaik untuk harimu. Kemudian tetapkan harapan realistis untuk apa yang dapat kamu capai setiap hari. Buat jadwal dan patuhi itu. Pastikan kamu memberi dirimu izin untuk berhenti bekerja. Jika kamu harus bekerja berjam-jam untuk sebuah pekerjaan, berikan waktu luang ekstra untuk kompensasi.

  1. Bekerja Di Saat Kamu Paling Produktif

Bekerja Di Saat Kamu Paling ProduktifSumber: https://www.express.co.uk/life-style/life/733849/Men-bad-multi-tasking-greedier-brains-women-better-organised

Tidak ada yang yang terus bersemangat bekerja dari pagi hingga sore. Secara alami motivasimu akan surut dan mengalir sepanjang hari. Namun, ketika kamu bekerja dari rumah, semakin penting untuk mengetahui kapan pasang surut itu terjadi dan rencanakan jadwalmu di waktu-waktu kamu paling produktif.

Untuk memanfaatkan periode paling produktif, simpan tugas-tugas sulit ketika kamu tahu kamu akan berada di situasi mindset yang tepat untuk melakukan pekerjaan itu. Gunakan waktu yang lambat untuk mengerjakan tugas-tugas logistik yang lebih mudah yang juga ada di dalam tugasmu. Tugas-tugas ini sebagai “kesuksesan kecil,” dan mereka dapat membantu membangun momentum untuk pekerjaan yang lebih berat yang menunggu kamu nanti.

Waktu-waktu paling produktif dalam sehari berbeda bagi tiap orang, ada yang pagi-pagi sekali atau larut malam. Oleh karena itu kenali waktu produktifmu dan coba rencanakan harimu dengan tepat.

  1. Sesuaikan Musik Dengan Tugas Kamu Kerjakan

Sesuaikan Musik Dengan Tugas Kamu KerjakanSumber: https://m.dailyhunt.in/news/india/english/east+coast+daily+eng-epaper-eeastco/these+are+the+amazing+benefits+of+listening+to+music+while+working-newsid-89244608

Selama seminggu, musik adalah soundtrack untuk karirmu. Dan di tempat kerja, daftar lagu terbaik adalah daftar lagu yang beragam. Kamu dapat mendengarkan musik yang cocok dengan energi pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Soundtrack video game sangat cocok. Dalam game itu sendiri, musik dengan lirik bebas ini dirancang untuk membantu kamu fokus.

Ingin genre lain? Kamu hanya perlu menyesuaikan pekerjaan yang sedang kamu lakukan dengan lagu yang kamu dengarkan. Misalnya, ketika sedang menulis, kamu bisa mendengarkan lagu yang tak begitu menghentak-hentak, atau ketika motivasimu menurun, kau bisa menemukan musik yang memotivasi dan membuat dirimu fokus dengan pekerjaanmu.

  1. Tentukan Waktu Istirahan dengan Jelas

Tentukan Waktu Istirahan dengan JelasSumber: https://www.tlnt.com/hr-101-yes-your-employees-are-more-efficient-when-they-take-a-break/

Sangat mudah untuk terganggu sebagai seorang yang bekerja dari rumah sehingga kamu tidak perlu istirahat sama sekali. Jangan biarkan rasa bersalah bekerja di gedung tempat kamu tidur mencegah kamu mengambil waktu untuk bersantai. Namun, alih-alih hanya membuka YouTube dan menonton beberapa klip hiburan, gunakan waktu istirahatmu untuk menjauh dari meja kerjamu. Berjalan-jalan di luar atau menghabiskan waktu bersama orang lain yang mungkin juga ada di rumah.

Istirahat, seperti membuat dan makan siang, dapat memulihkanmu untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. Jangan berasumsi kamu harus mempergunakan 100% waktumu untuk bekerja saat kamu di rumah untuk lebih produktif.

  1. Berinteraksi dengan Orang Lain

Berinteraksi dengan Orang LainSumber: https://addicted2success.com/life/changing-the-way-you-interact-can-change-your-life/

Ingat: kamu bekerja dari rumah, bukan di bulan. Berinteraksi dengan orang lain di siang hari diperbolehkan, bahkan jika mereka bukan rekan kerjamu. Sebenarnya, adalah ide yang baik untuk melihat wajah lain di siang hari ketika sebagian besar hari kamu bekerja menyendiri.

Pergilah ke luar dan temukan manusia untuk berinteraksi, seperti memesan kopi, menjalankan tugas, apa pun. Itu membuatmu tetap waras.